MOU (Kerja Sama) SMK Muhammadiyah Ulujami Dengan UMPP ..

MOU Adalah singkatan dari kepanjangan Memorandum Of Understanding. Umumnya MOU ini kerapkali digunakan dalam sebuah kerjasama bisnis ataupun kesepakatan. Seperti dilansir dari laman resmi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, MOU juga berarti nota kesepahaman, nota kesepakatan, perjanjian pendahuluan ataupun perjanjian kerjasama.

Biasanya MOU atau nota kesepahaman ini banyak digunakan pada pembuatan kontrak, terlebih sebuah kontrak bisnis. Hal tersebut dilakukan berdasarkan pada ketentuan Pasal 1338 KUHP. Perlu diketahui bahwa nota kesempahaman ini merupakan kesepakatan dari dua belah pihak guna melakukan perundingan perihal membuat janji di kemudian hari, bila beragam hal yang belum pasti didapat sudah bisa dipastikan.

Nota kesepahaman ini tidaklah memiliki sifat mengikat lantaran memang bukan suatu kontrak.

Tujuan


Telah disebutkan sebelumnya bahwa pengertian dari kepanjangan MOU sendiri adalah sebuah nota kesepahaman ataupun nota kesepakatan. Dibuatnya nota kesepahaman ini sangat berguna untuk mengadakan hubungan hukum, sebagai suatu surat yang dibuat oleh salah satu pihak dan isinya memuat kehendak.

Surat tersebut pada nantinya akan ditujukan pada pihak lain dan berdasarkan surat tersebut, pihak lain diharapkan untuk membuat letter of intent yang sejenis untuk menunjukkan niatnya. Terdapat beberapa alasan mengapa arti kepanjangan MOU dibuat dalam transaksi suatu bisnis, antara lain yakni:

1. Karena penandatangan kontrak dianggap masih lama dengan negosiasi yang cukup sulit. Memorandum of understanding dibuat guna menciptakan ikatan yang sifatnya berlaku sementara.

2. Lantaran memorandum of understanding dibuat dan ditandantangani oleh pihak eksekutif teras dari suatu perusahaan. Sehingga untuk suatu perjanjian yang telah rinci mesti dirancang dan dinegosiasi khusus oleh para staf yang lebih rendah tetapi lebih menguasai teknis.

3. Karena prospek bisnis yang belum benar-benar jelas, sehingga belum dapat dipastikan apakah kerja sama tersebut akan ditindak lanjuti. Guna menghindari kesulitan dalam hal pembatalan kesepakatan pada nantinya, dibuatlah memorandum of understanding yang memang gampang dibatalkan.

4. Lantaran masih ada keraguan dari masing-masing pihak dalam perjanjian dan masih memerlukan waktu berpikir dalam hal menandatangani suatu kontrak. Sehingga untuk sementara dibuatlah memorandum of understanding.

Semoga dengan adanya kerja sama dengan universitas terkemuka khususnya dijawa tengah ini bisa menjadi jalan baik untuk kedua belah pihak, Terima Kasih . 

Sumber : www.merdeka.com