Sesuai aturan baru yang telah diumumkan oleh menteri pendidikan saat ini, di mana mulai tahun 2022 kurikulum pendidikan telah dibagi menjadi 3 pilihan. Sementara khusus untuk sekolah menengah kejuruan atau SMK PK (Pusat Keunggulan), diumumkan boleh menerapkan kurikulum operasional satuan pendidikan atau KOSP dalam Kurikulum Merdeka yang bisa dikembangkan oleh sekolah atau lembaga pendidikan terkait. Sehingga sekolah diberikan kebebasan dalam memilih sarana pembelajaran dan memilih kurikulum yang telah disediakan pemerintah, sesuai dengan karakteristik peserta didik.
Pengertian kurikulum operasional satuan pendidikan adalah memuat seluruh rencana proses belajar yang diselenggarakan di satuan pendidikan, sebagai pedoman seluruh penyelenggaraan pembelajaran. Untuk menjadikannya bermakna, kurikulum operasional satuan pendidikan dikembangkan sesuai dengan konteks dan kebutuhan peserta didik dan satuan pendidikan.
KOSP dan Kurikulum 2022
Sejatinya kurikulum operasional satuan pendidikan atau KOSP dalam kurikulum 2022 untuk SMK Muhammadiyah Ulujami, adalah pengembangan dan penyusesuaian dari kurikulum 2022 yang ditetapkan pemerintah untuk dikembangkan dan disesuaikan dengan kondisi, situasi, dan kebutuhan dari satuan pendidikan tersebut. mengacu kepada Pedoman Pembelajaran pada Program SMK Pusat Keunggulan, khususnya terkait dengan spektrum keahlian dan struktur kurikulum 2022.
Dalam penyusunan dan pembuatan KOSP dalam SMK PK, terdapat pihak-pihak yang terlibat diantaranya para Administrator Pendidikan (Dinas Pendidikan dan Kepala Sekolah), Para Ahli Kurikulum (Fasilitator Kurikulum Merdeka/ Sekolah Penggerak dan Waka Kurikulum), Guru, Komite Sekolah, Pengusaha atau Kerjasama Industri dan Siswa.\
Sementara untuk menjalankan sebuah kurikulum bernama kurikulum operasional satuan pendidikan dalam kurikulum 2022 ini, pihak sekolah terlebih dahulu bisa melaksanakannya dengan memulai langkah sebagai berikut:
- Perencanaan Kurikulum KOSP. Hal pertama yang mendasar adalah membuat struktur kurikulum
- Merencanakan keberhasilan profil pelajar pancasila. Di mana kurikulum operasional, diharuskan untuk mengimplementasi dengan baik terhadap budaya sekolah, maupun kegiatan belajar mengajar untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila.
- Merencanakan keberhasilan dalam proses pembelajaran
- Mampu memformulasikan prinsip pembelajaran dan asesmen. Karena dalam kurikulum KOSP ini memiliki kewenangan untuk menyusun visi, misi, dan tujuan daripada kebijakan kurikulum pembelajaran dan asesmen sekolah.
Dalam penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan yang mengimplementasikan kurikulum prototipe, memiliki beberapa prinsip dalam pengembangan KOSP SMK Muhammadiyah Ulujami, antara lain:
- Mengacu pada siswa atau peserta didik. Jadi dalam pembelajaran, harus memenuhi keragaman potensi siswa, kebutuhan siswa, dan kurikulum mampu mengembangkan tujuan pendidikan. Intinya KOSP adalah mengatur tahapan belajar dan kepentingan peserta didik atau siswa.
- Kontekstual. Yang dimaksud dengan kontekstual dalam kurikulum KOSP ini adalah menunjukkan tentang kekhasan dan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan. Di mana sesuai dengan konteks sosial, budaya, lingkungan, serta dunia kerja. Di mana sekolah kejuruan SMK adalah seperti sebuah industri khusus.
- Esensial. Jadi prinsip KOSP adalah mencakup semua unsur informasi yang dibutuhkan pemegang kepentingan, dan semua bisa diperoleh di dokumen terkait.
- Akuntabel. Di mana kurikulum KOSP bisa dipertanggungjawabkan, dengan basis data yang akurat.
- Kurikulum KOSP harus melibatkan berbagai pemangku kepentingan, seperti komite satuan pendidikan, orang tua, organisasi, berbagai pihak, industri, dan dunia kerja untuk SMK. Yang tentunya berada di bawah koordinasi dan supervisi dinas pendidikan atau kantor Kemenag, sesuai dengan kewenangan yang dimiliki.